Tugas 4 " jelaskan fungsi dari Norton Ghost dan cara kerjanya "

shares |



Pengertian Norton Ghost 


     Norton Ghost merupakan software yang powerfull dalam bidang data rescue.
Maksud dari data rescue ini adalah Norton Ghost dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore. manfaat/keuntungan membackup itu sendiri, di banding install ulang komputer, back up lebih hemat waktu dan tenaga. Misal kalau kita install ulang,kita harus nunggu berjam2 untuk instal ,belum lagi install driver ,kemudian install aplikasi pendukung seperti msoffice, photoshop, dll. Sedangkan untuk merestore dari back up an yang kita punya kita hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan itu tak perlu lagi instal driver dan aplikasi pendukung karena sudah ikut ter back up dalam file tersebut.

      Status komputer slave difungsikan sebagai komputer penumpang, penyimpan atau storage. Terdapat dua program yang dapat digunakan sebagai status slave yaitu norton ghost untuk peer to peer atau ghostcast server (GhostSRV) didalam komputer slave.
      Untuk status Master adalah komputer lain yang akan mentransfer file ke komputer Slave dan menyimpan file ghost pada harddisk slave. Atau untuk mempermudah pengertian Master, adalah komputer yang akan membackup data dari harddisk baik partisi maupun seluruh isi harddisk dan mengirim datanya ke komputer slave untuk disimpan dan dijadikan sebuah file image (*GHO)


Fungsi Norton Ghost
NortonGhost berfungsi mempercepat proses perbaikan komputer kita. dengan cara membackup OS windows kita yang berada didrive C ke partisi yang lain  atau bisa juga disimpan di CD,kemudian sewaktu -waktu OSnya rusak kita bisa mengambil kembali backup OS pada saat kita Clone dengan NORTON GHOST tadi sehingga komputer kita kembali fresh. tapi NORTON GHOST bisa jalan di DOS. 


 Prinsip kerja Norton Ghost

pada dasarnya ada 2 langkah yang harus di lakukan :

  • membuat back up data partisi PC, yang berisi sitem operasi windows pada file image.fileini berisi rekaan komplit sitem operasi anda berikum program terinstall di dalamnya. file harus disimpan di partisi selain partisi windows itu sendiri. misalnya anda punya C:/ yang berisi install windows anda harus menyimpan selain di partisi C:/.  hal ini mutlak di perlukan jika anda ingin bisa melakukan langkah restorasi / pemulihan sistem dengan cepat. dengan kata lain jika tida ada file image tidak dapat melakukan restorasi windows.
  • Restorasi windows, jika terjadi sesuatu bisa memanggil file back up yang telah di buat sebelumnya untuk memulihkan instalasi windows percis seperti saat file image di buat.
  • langkah pertama membuat file image :
  1.  Masukan Hiren's boot USB atau hiren's boot CD sesuai dengan preferenci anda.
  2. Nyalakan komputer, masuk ke BIOS dengan DEL/F2/F8/F12 sesuai dengan BIOS PC anda.
  3. Masukan kebagian boot squence/ urutan booting. pastikan media yang anda gunakan menempati urutan pertama booting. misalnya anda menggunakan Hiren' boot CD pastikan CDROM anda berada urutan pertama booting.
  4. pada menu booting Hiren's pilih  start boot CD 
  5.  pada menu utama Hiren's pilih pilih [2.] backup tool >[2.] Norton Ghost 11.5 > klik [ok].
  6. pilih menu > local > patition > to image untuk menyimpan partisi ke sebuah file image
  7. pilih harddisk fisik yang akan di back up.biasanya windows ada pada local (1) seperti pada contoh, [ok]
  8. tentukan partisi harddisk mana yang di gunakan untuk menyimpan file back up image. beri nama pada file, misalnya backup_1 lalu klik [SAVE]. perhatikan bahwa harddisk di tulis dengan urutan seperi berikut D:1.2:[DATA] FAT artinya adalah :
  • D:           = Drive D
  • 1.2:        = merupakan harddisk fisik pertama partisi ke dua.
  • [DATA]  = Label Data
  • FAT       = file sistem FAT 32 
 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar