shares |

Tugas 3...

Jenis jenis trouble shooting pada RAM  komputer


        Memasang RAM yang berkapasitas melebihi 64MB pda komputer, maka RAM tidak akan terdeteksi oleh DOS tetapi dapat terdeteksi pada windows.
Adapun solusinya sebagai berikut :
         kondisi semacam itu wajr dan normal, karena DOS saat dirancang hanya bisa mengenali ram yang terpasang dengan kapasitas 64 MB, sehingga jika lebih dari 64 MB tidak dapat terdeteteksi. berbeda dengan windows semua RAM dapat terdeteksi dengan baik, selama RAM yang di pasang adlam kondisi bagus dan tidak rusak.

Ada beberapa kasus mengenai Trouble shooting pada RAM dan solusinya 

Kasus 1 :
Laporan RAM. Ada kapasitas dari RAM sebesar 128KB atau 384KB yang tidak pernah dilaporkan ketika melakukan proses booting.
Solusi :
Kondisi ini normal. Beberapa versi dari BIOS tidak akan menampilkan area dari memori yaitu memori konvensional dan memori ekstended.

Kasus 2 :
sistem memori jadi lambat ketika ditambahkan beberapa memori.
Solusi :
Langkah pertama adalah pastikan semua memori yang terpasang dikenli dengan baik oleh BIOS atau Windows. Apabila motherboard tidak mendukung penambahan memori dan hanya menerima kapasitas paling besar adalah 64 MB, mka akan percuma saja menambah memori baru. Memori teteap dapat terpasang namun efeknya dapt memperlambat kinerja komputer.

Kasus 3 :
Menambah memori namun win XP prof tidak bisa berjalan dengan lancar. Menambah memori sebesar 256 MB dan 128 MB ke komputer, BIOS dapat mendeteksi RAM yang sudah ditambahkan tersebut tetapi Windows tidak berhasil mendeteksi bahkan tampilan di layar monitor menjadi biru.
Solusi :
Dalam kasus ini hal yang harus diperhatikan adalah RAM yang baru apakah cocok dan sesuai dengan motherboard dan jenis RAM yang lain sudah terpasng sebelumnya di Motherboard. Kalau RAM tidak cocok, maka akan mempengaruhi kinerja sistem bahkan mengakibatkan sistem tidak berjalan dengan baik. Sebelum memasang RAM hal penting yang harus diperhatikan adalah memperhatikan tipe dan PC RAM tersebut.

Kasus 4 :
Identifikasi memori yang rusak. saat menghidupkan komputer, terdengar bunyi Beep dan komputer tidak mau boooting.

Solusi :
Bunyi Beep tersebut menandakan adanya perangkat keras yang melekat pada motherboard mengalami kerusakan dan paling umum biasanya kerusakan tersebut terjadi pada memori.
segeralah ambil memori tersebut dari motherboard kemudian coba bersihkan memori dengan tisu atau kain yang bersih. setelah dibersihkaan pasang kembali memori tersebut pada slotnya. Apabila setelah di pasang, masih terdengar bunyi Beep maka memori tersebut harus di ganti dengan yang baru.




Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar