Tugas 4 " Fungsi camtasia studio dan cara kerjanya "

shares |




Pengertian Camtasia Studio 



         Camtasia Studio adalah perangkat lunak perekam video atau layarkomputer yang diterbitkan olehTech Smith. Sebelum mulai merekam, pengguna diminta mengatur area dari layara tau jendela yang akan ditangkap atau seluruh layar dapat direkam sebaga igantinya. 
         Camtasia Studio dapat jugadigunakan untuk merekam audio dari mikrofon atau speaker Anda dan merekam video dari webcam Anda di layar.
Dengan Camtasia Studio Anda dapat dengan mudah membuat video tutorial dengan merekam beberapa langkah-langkah yang kita lakukan pada desktop sehingga pemirsa dapat dengan mudah mempraktekkan.

           Mula-mula Anda melakukan semua langkah demonstrasi dalam urutan dan mampu melompat dari satu aplikasi ke yang lain tanpa mengganggu proses perekaman. Anda dapat menghentikan perekaman dengan kombinasi hotkey pada setiap saat, di titik mana perangkat lunak membuat masukan yang telah ditangkap, dan menerapkan pengaturan yang ditetapkan pengguna, seperti kapan dan bagaimana menampilkan kursor. Camtasia versi yang lebih baru menawarkan pilihan untuk menggambar sebuah lingkaran sekitar setiap kali kursor mouse diklik, untuk lebih menggambarkan tindakan Anda di layar dekstop.
Jendela utama dapat Anda tambahkan dengan beberapa keteran ganda member banyak efek, menambahkan suara atau musik, klip tempat judul, memperbesar dan memperkecil dan banyak efek-efeklainnya.

  1. Klik aplikasi Camtasia Studio 7, maka akan tampil 4 menu:
  • Record the screen berfungsi sebagai merekam aktifitas dalam komputer yang sedang kita operasikan.
  • Record voice narration berfungsi sebagai merekam suara.
  • Record power point berfungsi sebagai merekam aktifitas komputer, menggunakanan plikasi microsoft power point.
  • Import media berfungsi sebagai menginpor media/menggambil media video dan kemudian pengambilan media tersebutakan diedit sesuai kebutuhan user.

Cara menggunakan CamtasiaStudio :

  1. Klik “record the screen”.
  2. Drag area yang akan kitarekam, kemudian tekan tombol berwarna merah dengan nama “rec”, maka aktifitas merekampunberlansung sesuai keinginan user,
  3. Untuk berhenti mereka maktifitas, tekan “f10″ untuk selesairekam.
  4. Kemudian klik save and edit dan berinama “belajar1.camrec”.
  5. Pada menu “Editing Dimensions”, atur dimensi yang anda suka lalu OK.
  6. Klik menu “produce and share“, pada bagian show me to my video anda pilih “costum production settings“, klik next.
  7. pilih format video berbentuk WMV, atau format video lainnya, kemudian klik next.
  8. Atur selera anda lebar dan tinggi pada video size,
  9. Pada video option dan Maker Option, anda lewati saja.
  10. Pada product video, isikan pada production name ”belajar”,kemudian klik finish.
  11. Tunggulah hasil convert nya sampai 100%,maka pembuatan tutorial akan selesai.



FUNGSI CAMTASIA
 
Camtasia Studio memiliki kemampuan untuk menyimpan video hasil dari rekaman (record screen) dalam 3 type file setelah format dan direndering yaitu diantaranya :

1). Menyimpan file dalam bentuk video yang biasanya dikenal dengan type file dengan ekstention avi, mpg, wmp. Hal ini dapat diputar dimedia player atau Quick Time, dengan program ini dapat mengatur pengoperasian video sesuai dengan keinginan, misalnya jika ingin mempercepat movie atau ingin kembali keawal dan lain sebaginya.

2)    Meyimpan dalam bentuk Macromedia Flash Player yang mempunyai type ekstention SWF. Pada type ini dapat dijalankan dengan program Macromedia Flash Player.

3)    Penyimpanan dalam bentuk html. Dimana dalam type ini dapat broser ke internet sehingga para peminat / pengguna media pembelajaran interaktif ini dapat mengakses lewat internet.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar