Fungsi Aplikasi GIMP

shares |

GIMP adalah aplikasi perangkat lunak edit foto yang gratis tis tis. Banyak orang mengibaratkan hubungan GIMP (Gnu Image Manipulation Program) terhadap Photoshop seperti halnya Linux bagi Windows. Yang satu gratis sementara satunya lagi mahal. Photoshop memang canggih dan kemampuan foto editingnya luar biasa, namun harganya sangat mahal. Per hari ini, Photoshop CS6 dijual dengan harga Rp 7 Juta di Indonesia (wuih). Kenyataan ini membuat banyak orang membajak untuk bisa menggunakan Photoshop tanpa harus membayar. Disini saya tidak ingin memperdebatkan software bajakan halal atau haram. Namun yang jelas bagi anda yang ingin mencari alternatif gratis bagi Photoshop, GIMP adalah pilihan paling bagus.

 Salah satu fitur terpenting GIMP adalah bisa jalan disemua sistem operasi komputer, baik Windows – Mac atau Linux. Aplikasi ini bahkan bisa diinstall di USB drive dan menjadi aplikasi portabel. Sementara versi portabel (windows only) bisa anda. Bagi pemakai Windows, membuka GIMP pertama kali terasa agak canggung karena semua jendela tampak melayang, tutup semua applikasi lain yang tidak diperlukan supaya lebih enak melihatnya. Bagi pemakai Mac, konsep floating ini sudah terbiasa. 

Fitur GIMP

GIMP bisa membaca hampir semua format file: dari standar JPG sampai PSD, kita juga bisa memanfaatkan flug ini untuk menambah kompatibilitas dengan format file lain. GIMP juga memiliki sederet fitur dasar: cropping, rotasi, adjustment warna. Fitur penting lain yang kita jumpai di Photoshop juga tersedia disini: curve adjustment, hue saturation, sharpening, channel mixing, layer masking, clone stamp, healing brush dan level.
Semua fiturnya tersedia dalam kotak berisi ikon dengan masing-masing fungsi. Lihat gambar dibawah ini:

 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar